Business

Tepung Mocaf Pengganti Terigu



Penggunaan tepung terigu untuk pembuatan aneka makanan mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika tepung terigu diganti dengan tepung mocaf?

Modifikasi seedassava flour atau disingkat mocaf adalah tepung ubi kayu yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti butiran beras. Cita rasa mocaf sama seperti rasa beras asli dan kandungan gizi mocaf seperti karbohidrat, protein, dan mineral juga tak kalah dari beras asli.

Tepung Mocaf bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk tepung gorengan, membuat bubur, membuat aneka kue seperti donat, brownies, kue bolu, kue kering, cookies, serta bahan dasar mie. 

Penemu tepung mocaf ini bernama Dr. Achmad Subagio, ia adalah staf pengajar di Universitas Negeri Jember Jawa Timur. Penggunaan nama mocaf seolah menunjukkan ironi yang ada pada singkong, karena dianggap makanan miskin tapi sejatinya tanpa sadar menjadi topangan hidup banyak orang di Indonesia.

Tepung mocaf sendiri telah diakui dunia dan sudah diakui bisa menjadi pengganti terigu. Kandungan kalsium, fosfor, kaya akan vitamin c dan serat yang lebih tinggi daripada tepung terigu, selain itu mengandung fitoestrogen, suatu hormon yang berfungsi untuk mencegah menopause dini yang biasa tejadi pada kaum wanita.

Selain itu tepung mocaf  juga aman dikonsumsi oleh semua orang dan cocok untuk penderita penyakit diabetes, autis dan diseaseceliac karena tidak ada kandungan gluten di dalamnya.




“Tepung mocaf ini beda dari tepung terigu. Kalau penderita diabetes, autoimun, dan autis nggak bisa konsumsi tepung terigu, karena ada glutennya, kalau tepung mocaf tidak ada,” jelas Agustang sebagai advisor Dapurbakingku.

Agustang  menjelaskan, tidak semua orang bisa makan makanan yang mengandung gluten. Contohnya penderita penyakit  diseaseceliac. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten seperti tepung terigu, penderita bisa mengalami diare, perut kembung dan resiko lainnya. Sementara  tepung mocaf ini bebas dari gluten, karena itu cocok dikonsumsi mereka yang sensistif gluten.




Prinsip pembuatan mocaf dilakukan dengan cara fermentasi sehingga menyebabkan perubahan karakteristik tepung. Antara lain berupa naiknya viskositas (daya rekat), kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan solubility (kemampuan melarut) sehingga memiliki tekstur yang lebih baik dibandingkan tepung tapioka, tepung gaplek, atau tepung singkong biasa.

Bagi masyarakat Kota Pekanbaru yang ingin membeli tepung mocaf, bisa mengunjungi toko Gluten Free Cake & Cookie Dapurbakingku yang berada di Jalan Melati, Sukajadi. Harganya dibanderol Rp12 ribu perkilo.

Toko Dapurbakingku yang didirikan sejak 2017 lalu ini juga menyediakan berbagai macam kue basah dan kue kering seperti brownis, bolu pisang, lapis legit, bolu kemojo dan aneka kue khas lebaran lainnya. 

Semuanya didapatkan setiap hari pada pukul 08:00 WIB sampai pukul 17:00 WIB.

***
Post Navi

0 Komentar